Pengalaman Hidup Membuat dan Memelihara Blog

Pengalaman Hidup Membuat dan Memelihara Blog

Dari pengalaman saya, memulai blog itu cukup menarik, menyenangkan dan perlu kerja keras. Sebenarnya, memulai sebuah blog adalah tidaklah terlalu sulit, bagian yang paling sulit dan butuh kerja keras adalah memelihara blog tersebut. Memelihara blog itu berarti menulis posting blog secara teratur. Dimulai dengan tujuan mulia menjadikan blog sebagai sumber daya untuk membantu orang berbagi pengalaman dan memberikan informasi yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Namun hal ini tidak berjalan seperti yang saya harapkan. Saya telah menulis sebagian besar tulisan tapi kemudian lama sekali tidak menulis lagi di blog karena hilangnya motivasi untuk menulis kalau tidak mau dibilang malas.

Hampir setahun umur blog tersebut. Selain berbagi informasi, saya tidak munafik dan pasti berharap dari blog itu mendapatkan penghasilan beberapa dollar perbulannya dari iklan yang terpasang di blog. Namun  $50 per bulan saja tidak ada walaupun  tak kurang dari 50 postingan selama setahun itu. Tapi memang trafik pengunjungnya masih terbilang minim. Hanya 50 pengunjung perhari. Seiring waktu berjalan, akhirnya saya sempat berpikiran untuk berhenti saja menulis di blog, karena saya merasa kadang-kadang seperti menulis di ruang hampa dengan pikiran yang juga tak kalah hampa. Walaupun saya sudah jarang memperbaharui isi dari blog tersebut, mudah-mudahan isi dari blog tersebut masih bisa bermanfaat bagi para pengunjung yang tersesat hingga sampai ke blog itu dan memberikan komentar-komentar yang tidak kalah bermanfaatnya bagi pengunjung yang lain walau ada juga yang memberikan komentar gurauan yang bisa membuat senyum-senyum kecil bahkan sampai komentar cacian dan makian yang juga tak mau berdiam diri menahan benci. Namun kadang-kadang sayapun tetap masih menyempatkan menulis lagi di blog itu kalau sedang ada inspirasi dalam pikiran yang kusut ini walaupun menulis hanya seminggu sekali atau dua kali.

Seperti yang saya katakana sebelumnya, memelihara sebuah blog adalah pekerjaan yang sulit. Namun ketika api keinginan untuk menulis berubah menjadi bara apatis, maka saatnya untuk mencari motivasi di tempat lain. Dengan melakukan hal tersebut saya kembali bisa memulai untuk membuat  sebuah blog yang baru  dan fresh (bagian yang mudah) dan akan menulis isi content nya di waktu penuh (bagian yang sulit).  Untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi, tak jarang saya mengunjungi blog-blog lain yang isinya juga penuh motivasi dan inspirasi untuk menggugah jiwa membakar bara semangat yang terpendam agar menumbuhkan ide-ide segar dan tercurah semuanya ke dalam blog.

Saya mengundang serta mengajak  teman-teman dan semua orang untuk mengunjungi dan membaca blog saya yang telah ditambahkan isi postingannya agar blog tersebut bisa benar-benar dimanfaatkan dengan baik. Untuk membuat blog tersebut lebih hidup, saya juga menyediakan fasilitas polling, chat dan forum agar sesame pengunjung bisa saling berinteraksi dan saling bertukar pikiran.

Sampai saat ini, pengunjung blog mulai meningkat menjadi 1500 sampai 2000 pengunjung perhari. Hal ini bisa terjadi karena isi artikel yang menarik dan adanya fasilitas-fasilitas tersebut diatas yang membuat pengunjung betah berlama-lama di blog untuk menggali inforamasi jauh lebih dalam lagi. Karena jumlah pengunjung blog yang meningkat tajam, otomatis nilai penghasilan yang didapat dari iklan yang tepasang di blog saya juga meningkat dahsyat dan bisa memberikan passive income yang lumayan.

Dan pengalaman hidup saya dalam dunia blogging bisa saya katakan cukup berhasil. Namun pencapaian ini tentu saja masih jauh dari sempurna dan tentu saja saya masih perlu banyak belajar untuk memelihara blog ini menjadi jauh lebih baik lagi.

 

Sisi negatif dari blogging yang saya alami :

  • Kurang istirahat dan kurang tidur, karena ketika mulai menulis artikel sering lupa waktu sampai tengah malam atau pagi.
  • Banyak aktifitas offline yang terbengkalai seperti sekedar mencuci baju, makan ataupun mandi.
  • Berlama-lama di depan computer bisa merusak mata.
  • Boros uang karena terlalu banyak menghabiskan waktu blogging di warnet.

Namun semua sisi negatif tersebut diatas sebenarnya bisa dihindari kalau bisa mengontrol diri sendiri seperti blogging dengan jadwal hanya 4 kali saja seminggu dan hanya 2-3 jam saja.

 

Selain sisi negatif diatas, blogging juga memiliki dampak positif seperti :

  • Belajar menulis dengan tata cara yang baik.
  • Bisa menambah pengetahuan sekaligus membagikan pengetahuan itu ke orang lain.
  • Melatih kemampuan berpikir, karena dengan menulis blog akan membiasakan diri untuk memikirkan terlebih dahulu apa yang akan ditulis.
  • Bisa belajar membangun bisnis dengan modal sedikit bahkan gratis.
  • Bisa saling mengenal lebih banyak orang tanpa terbatas wilayah sendiri saja.