harapanHarapan adalah awal dari sebuah alur hidup. Alur tersebut tidak akan pernah selesai dengan tuntas dan menghasilkan apa yang diharapkan jika tidak ada upaya-upaya yang jelas untuk mewudujkan harapan tersebut.

Harapan adalah keinginan seseorang untuk mendapatkan sesuatu.Setiap manusia memiliki harapan yang merupakan cita-cita di masa yang akan datang.Manusia yang tidak memiliki harapan berarti manusia itu mati dalam hidup.Harapan harus sesuai dengan pengetahuan,pengalaman,lingkungan hidup dan kemampuannya.Manusia harus merasa yakin atas usahanya mewujudkan harapan agar dapat berhasil sesuai dengan yang di harapkan.

Penyebab manusia mempunyai harapan adalah dorongan kodrat manusia sebagai makhluk sosial.Dorongan kodrat adalah sifat,keadaan atau pembawaan alamiah sejak manusia di ciptakan.Dorongan itulah yang menyebabkan manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan hidup dan untuk memenuhinya manusia harus bekerjasama dengan orang lain.


MACAM-MACAM HARAPAN
Menurut Abraham Maslow mengkategorikan kebutuhan manusia menjadi lima macam. Lima macam kebutuhan manusia itu merupakan lima harapan manusia. Lima macam harapan itu ialah
1.     Harapan untuk memperoleh kelangsungan hidup (survival).
2.     Harapan untuk memperoleh keamanan (safety).
3.     Harapan untuk memiliki hak dan kewajiban untuk mencintai dan dicintai (beloving and love).
4.     Harapan memperoleh status atau untuk diterima atau di akui lingkungan.
5.     Harapan untuk memperoleh perwujudan dan cita-cita (self actualization).
MUSLIMS-PRAYER

Penyebab Manusia Mempunyai Harapan
Apa sebab manusia mempunyai harapan ?
·      Dorongan kodrat
·      Dorongan kebutuhan hidup
·      Kelangsungan hidup (survival)
·      Keamanan
·      Hak dan kewajiban mencintai dan discintai
·      Perwujudan cita – cita
Dampak & Penanggulangan Jika Harapan Tidak Tercapai
Dengan memiliki harapan manusia memiliki semangat hidup untuk meraih harapan nya. Namun pada kenyatan nya ada harapan manusia tidak semua memiliki dampak baik bagi manusia itu sendiri, ini di sebabkan karena beberapa hal, pertama harapan mereka yang terlalu tinggi yang tidak mungkin bisa didapat kan nya, lalu ketika mereka sedang berusaha meraih harapan itu ada suatu kejadian atau musibah sehingga manusia itu gagal atau tidak biasa meraih harapan itu.
Maka dampak nya beruapa depresi/frustasi  dan akhirnya ada yang bunuh diri, dan ada juga mereka yang berubah  sifat karakter mereka, gaya hidup serta kepribadian mereka. Itu dampak buruk dari harapn apabila tidak tercapai. Dalam hal ini tidak semua harapan dan keinginan berdampak positif bagi manusia. Tetapi itu semua kembali lagi kepada diri manusia itu sendiri. Dalam menggapai harapan kita harus berusaha dengan gigih dan berdoa untuk mengapai nya. Namun apabila tadak tercapai, hendak lah kita untuk tidak cepat berputus asa. Apabila semua harapan yang telah perjuangkan dengan sungguh-sungguh tidak tercapai.
DAFTAR PUSTAKA :